Rabu, 27 Maret 2013

Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya (Tugas Komputerisasi Lembaga Keuangan Perbankan)


Bank adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit atau bentuk-bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat.
fungsi uang:
ü  Alat Tukar
ü  Satuan Hitung
ü  Kekayaan dan Kemakmuran
Produk bank diantaranya:
1.      tabungan (saving deposit),
2.      giro ( demand deposit),
3.      deposito (time deposit).
4.      Bank sebagai kredit (Loan). 

Tugas bank adalah menyimpan dana masyarakat dan menyalurkan dana kepada masyarakat, dimana mayarakat yang kelebihan uangnya akan mempercayai bank yang ditujunya untuk menjadi nasabah dan menyimpan sejumlah uangnya, nasabah yang menyimpan uang di bank akan mendapatkan bunga dari pihak bank dan masyarakat yang kekurangan akan uang akan meminjam uang dari bank yang dipercayainya.
Masyarakat yang meminjam uang ke pada bank harus membayar bunga ke pihak bank. Maka keuntungan bank diperoleh dari kreditur – nasabah= profit bank.terdapat resiko arus nasabah yang menyimpan uang dan nasabah yang meminjam uang apa bila nasabah yang meminjam uang tidak bisa membayar tagihan resikonya transfer of risk
Pasar modal atau capital market terdiri dari:
1.      Obligasi           : Surat Hutang
2.      Saham/stock    : Surat kepemilikan
Saham terbagi menjadi 3 yaitu :
A.    Deviden          => pembagian hasil usaha
B.     Capital Gain    => keuntungan dalam pembelian saham
C.     Capital Loss    => rugi
Pengertian sumber dana bank/Financial World Flow adalah usaha bank dalam menghimpun dana dari masyarakat perolehan ini tergantung pada bank itu sendiri, apakah dari simpanan masyarakat atau dari lembaga lainnya. Pemilihan sumber dana akan menentukan besar kecilnya biaya yang ditanggung. oleh karena itu pemiliha sumber dana harus dilakukan secara tepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar